20 July 2013

Guru Honor Comment

Indonesia adalah negara yang sangat luas yang mempunyai banyak pulau dan laut yang sangat luas. disamping itu juga indonesia mempunyai kekayaan alam yang berlimpah seperti lagu koesplus "bukan lautan hanya kolam susu tongkat dan jala bisa menghidupimu"..., namun apa daya lagu hanyalah sebuah lagu tapi itu mungkin bisa mewakili perasaan bahwa Indonesia sangat kaya dan tanah yang sangat subur.
Dari pembicaraan diatas bisa disimpulkan bahwa tidak diragukan lagi negara kita Indonesia ini memang benar-benar kaya dan subur, tetapi pertanyaannya benarkah negara kita ini kaya dan subur, tapi mengapa masih banyak rakyatnya yang masih serba kekurangan dan miskin???. Nah hal ini mungkin ada dibenak pikiran kita semua selaku rakyat Indonesia.
Dibalik kekayaan dan kesuburan alam Indonesia masih banyak kekurangan yang perlu dipikirkan dan harus diperhatikan, pokok yang paling utama adalah mengenai SDM (sumber daya manusia ). Pemerintah mungkin telah sering berbicara tentang SDM, akan tetapi itu hanya wacana saja yang pokok dari permasalahan SDM masih belum tahu arah pokok pembicaraannya atau tujuannya.
Nah salah satu contoh kecil saja di negara Indonesia masih banyak yang memerlukan sumber SDM yang baik,contohnya guru yang bisa mentransfer ilmu kepada anak muridnya. Banyak guru yang mengabdi dengan sukarela (guru honor) tanpa memikirkan berapa besar kecilnya honor yang akan diterima,padahal mereka mempunyai anak dan keluarga yang harus dinafkahinya, 
namun mereka tidak memperdulikan hal itu yang terpenting bisa mencerdaskan anak muridnya, padahal mereka mempunyai ijasah yang cukup lumayan tinggi dan mengeluarkan modal yang tidak kecil untuk kuliah.
Namun yang menjadi pikiran kok pemerintah seolah-olah tidak pernah memikirkan kesusahan guru honor tersebut padahal mereka sudah lama mengabdi pada negara Indonesia yang kita cintai ini.
Harapan dari guru honor tersebut tidak muluk-muluk sebenarnya hanya ingin pemerintah memperhatikan mereka dengan memberikan honor bulanan dari APBN atau dari APBD jangan hanya dari perolehan BOS yang pada akhirnya berbeda-beda besaran honor yang diperolehnya karena keputusan besar kecilnya dari masing -masing kepala sekolah.
Dan harapan yang besarnya dari guru honor adalah diangkat menjadi CPNS, ini  memang menjadi harapan terbesar guru honor yang sudah mengabdi bertahun-tahun mencerdaskan Bangsa ini dari kebodohan.
Hilangkan perbudakan karena negara kita alah negara yang merdeka !!! jika kita sebagai guru honor nasibnya masih seperti ini berarti kita masih diperbudak, jadi sama dengan negara kiat ini belum Merdeka !!!




16 July 2013

Jadwal Tes CPNS Umum dan Honorer 2013

Jakarta (detik.com)- Pemerintah akhirnya memajukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
(CPNS) tahun 2013 jalur pelamar umum dari Oktober 2013 menjadi September 2013.
Tetapi sayangnya, seleksi ini tidak dilakukan serentak. Pelamar akan dites bergantian di hari yang berbeda.

Demikian disampaikan Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN) Arizal seperti tertuang dalam situs resmi Sekretariat Kabinet RI, Senin (15/7/2013). 


Ia mengatakan, dimajukannya jadwal pelaksanaan seleksi CPNS untuk umum itu memungkinkan setelah Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelesaikan program Computer Assisted Test (CAT) di seluruh kantor regionalnya.



"Tes CPNS dari pelamar umum Insya Allah dilakukan September. Sebelumnya memang Oktober, tapi karena menggunakan CAT dimajukan," kata Arizal.



Untuk keperluan ini, jelas Arizal, KemenPAN akan memanggil seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Jakarta pada 18 Juli mendatang.



Adapun pelaksanaan tes CPNS dari honorer kategori dua (K2) atau yang pendapatannya tidak diperoleh melalui APBN/APBD, menurut Arizal, tetap dilaksanakan Agustus tahun ini. "Tes honorer K2-nya yang kita dahulukan baru pelamar umum," terangnya.



Menurut Arizal, pelaksanaan tes CPNS 2012 akan menjadi model untuk rekrutmen pegawai baru di seluruh instansi. Kebijakan nasional ini dipilih setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyetujui seleksi CPNS 2013 menggunakan model tahun lalu.



Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional.



"Materi soal yang ada di sistem CAT merupakan hasil kerja Konsorsium Perguruan Tinggi ditambah tim ahli. Soalnya tidak sedikit tapi ada ribuan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga sudah memiliki bank data yang memuat puluhan ribu soal," terang Arizal sembari menyebutkan, dengan bank soal itu setiap peserta tidak akan mendapatkan soal yang sama.



Namun, peserta mendapatkan tingkat kesulitan soal yang sama. "Soalnya beda tapi tingkat kesulitannya sama. Jadi setiap peserta diberi soal yang mudah, sedang, sukar," tandasnya.



Arizal juga menjelaskan, mengingat keterbatasan sistem CAT, pelaksanaan tes CPNS untuk umum kali ini akan dilakukan per regional. Sedangkan untuk pusat, dibagi dalam beberapa kelompok kementerian/lembaga.



"Untuk pusat, dalam sehari yang bisa ikut tes sistem CAT ada 700 orang. Sedangkan daerah hanya 150 orang per hari. Itu sebabnya, jika instansi pusat A dan B total jumlah pelamarnya 800, bisa dites di hari yang sama. Tapi kalau lebih, dites dua hari," bebernya.



Ditambahkannya, satu komputer hanya bisa menguji lima orang per harinya. Bila dipaksakan lebih dari itu, sistemnya tidak akan jalan. "Namanya komputer, pasti ada keterbatasannya kan," kilah Arizal.



Lantaran tesnya dilakukan bertahap, Arizal memperkirakan jadwal pengujian tes kompetensi dasar (TKD) akan berlangsung dua bulan. Itupun setiap hari harus ada tes (pusat 700 orang, daerah 150 orang). Mereka semua pakai CAT sehingga hasil tes kompetensi dasarnya (TKD) langsung bisa terbaca. 



"Para peserta juga bisa segera tahu, mereka lulus TKD atau tidak," ujarnya.



Keuntungan menggunakan CAT, menurut Arizal akan didapat 

10 July 2013

Informasi Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013

Informasi Sergur tahun 2013

Bagi anda guru yang ingin mengetahui apakah nama anda sudah masuk kedaftar calon sertifikasi guru pada tahun 2013 ini? nah untuk mengetahui data anda masuk atau tidak kedalam daftar tersebut silakan cek dengan menggunakan NUPTK anda.

Dan tentunya data yang masuk kedalam daftar yaitu guru yang sudah mempunyai ijasah S-1 dan bagi guru non PNS yang mengajar pada sekolah swasta, baik di SMP, SMA dan Aliyah atau MTs swasta.

Nah untuk mengetahui data anda silakan masukan nomor NUPTK anda disini , klik pecarian masukan NUPTK,tunggu sebentar dan lihat apakah data anda ada atau tidak? jawabannya ada disitu.

Baik mungkin ini saja yang bisa saya share pada kesempatan ini, semoga dapat membantu anda...dan bagi yang datanya belum masuk sabar saja dulu nunggu giliran selanjutnya,... seperti saya ini yang belum S-1 dan juga mengajarnya di Sekolah Negeri, kapan ya saya bisa masuk ke data Sertifikasi Guru??? hhhhmmm mengharap sekali tapi ini memang hal yang ditunggu-tunggu untuk semua guru, ya kan hehehe...???


9 July 2013

Kapan TF cair ? Info Terbaru 2013

Kapan Tunjangan Fungsional cair ???
terkait info tunjangan fungsioanal bagi guru non PNS yang bisa di cek disini 


untuk pencairannya pada tahun 2013 ini dicairkan dalam 2 tahap pembayaran yang langsung di transfer ke masing-masing rekening.


Adapun tahap I di cairkan pada bulan April 2103 dan tahap II di cairkan sekitar Oktober-Desember 2013 kalau tidak ada kendala atau halangan. 

bagi yang sudah cair pada tahap I silakan cek disini agar kamu bisa mendapatkan cair tahap ke II maka harus mengecek data kamu di data Dapodik dan memperbarui data yang kamu input sebelumnya agar semua data bisa terlengkapi.dan tentunya SK yang sudah keluar yang akan mendapatkan tunjangan baik fungsional dan tunjangan profesi atau sertifikasi.

Bagi yang belum keluar SK untuk Tunjangan baiknya lengkapi dulu data PTK yang ada di Dapodik karena ini yang menentukan keluar tidaknya Sk bagi penerima tunjangan.

Info penting : tunjangan.
Pastikan DAPODIK anda benar mulai sekarang :
1. Sasaran Tunjangan Khusus se Indonesia tahun
depan sekitar 53.038 orang (sama dengan tahun
ini). Persiapkan data anda melalui DAPODIK dan
sekolah anda masuk dalam SK Bupati sebagai
sekolah yg berlokasi di daerah khusus.
2. Sasaran Subsidi Tunjangan Fungsional tahun
2014 sekitar 179.747 (turun dari tahun
sebelumnya, hal ini disebabkan karena adanya
kenaikan yang lulus sertifikasi).
3. Sasaran Bantuan Kualifikasi Akademik ke S1
sekitar 89.207 (sama dengan tahun lalu).
4. Tidak ada jaminan tahun ini dapat maka tahun
depan dapat. Semua berdasarkan persyaratan
melalui DAPODIK.
5. Gunakan info PTK di internet untuk melihat dan
memastikan valid/tidak valid datanya.
6. Closing Date penentuan penerima tunjangan
sekitar pertengan bulan Maret 2014. Setelah itu
tidak ada protes-protes karena mulai dari sekarang
para guru masih punya waktu 6 bulan ke depan.

7 July 2013

Berita Baru NUPTK dan NPSN Tanya Jawab

Berita baru untuk NUPTK dan NPSN Tanya Jawab

Program PADAMU NEGERI menggunakan basisdata NUPTK periode 2006 - 2012 yang menggunakan referensi NPSN versi lama (DAPODIK.ORG periode 2006 - 2011). Hal ini terjadi karena pada masa VerVal NUPTK periode 2011/2012 lalu BPSMDPK-PMP melaksanaan pemutakhiran dan pemetaan NUPTK dengan NPSN versi lama tersebut. Info tentang arsip NPSN versi lama dapat diakses di http://dapodik.org/arsip-npsn/


Pada pelaksanaan VerVal NUPTK periode 2013 melalui PADAMU NEGERI sangat perlu tetap menjaga kesinambungan dari hasil VerVal NUPTK periode sebelumnya. Oleh karena itu mengapa di Surat Aktivasi Akun yang diterima oleh Sekolah kemungkinan akan terjadi perbedaan antara SIAPID (NPSN versi lama) dengan NPSN versi baru sebagaimana dipublikasikan di situs http://refsp.data.kemdikbud.go.id/.

Program PADAMU NEGERI juga berfungsi untuk memutakhirkan NUPTK dengan NPSN versi baru melalui mekanisme validasi yang dilakukan oleh Admin Sekolah secara langsung mandiri melalui menu Kelola Sekolah > Profil Sekolah. Adapun SIAPID (NPSN versi lama) akan berlaku sebatas hanya sebagi userID akses ke SIAP PADAMU NEGERI oleh Admin Sekolah. 

Namun demikian pada prakteknya di lapangan masih ditemukan kasus berkenaan dengan status NPSN tersebut yang kami jelaskan dalam bentuk tanya-jawab sebagai berikut:

===========================================================
Pertanyaan 1:

NPSN versi baru sekolah kami yang terdaftar di (refsp.data.kemdikbud.go.id) berbeda dengan SIAPID (NPSN versi lama) yang kami terima dari Admin Pusat PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD. NPSN mana yang kami gunakan?

Jawaban:
Untuk kebutuhan akses layanan PADAMU NEGERI gunakan SIAPID (NPSN versi lama) sesuai dengan Surat Aktivasi Akun PADAMU NEGERI. Setelah aktivasi dan login ke aplikasi SIAP PADAMU NEGERI silakan diperbarui sesuai dengan NPSN versi baru yang terdaftar di refsp.data.kemdikbud.go.id. 
Untuk akses ke layanan PADAMU NEGERI selanjutnya tetap gunakan SIAPID (NPSN versi lama) tidak menggunakan NPSN versi baru. 

===========================================================
Pertanyaan 2:

Kami mendapatkan 2 (dua) Surat Aktivasi Akun Sekolah dengan Nama Sekolah yang mirip/sama namun SIAPID (NPSN versi lama) yang berbeda. Surat mana yang akan kami gunakan?

Jawaban:
a. Cara pertama; Coba telusuri daftar PTK pemilik NUPTK yang bertugas di Sekolah Anda di situs http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu . Jika sudah ditemukan perhatikan NPSN versi lama pada PTK tersebut sebagai acuan untuk memilih Surat Aktivasi Akun dengan SIAPID (NPSN versi lama) yang identik dengan NPSN versi lama pada PTK tersebut. 

b. Cara kedua: Coba aktivasi keduanya, login sebagai Admin Sekolah cek di menu Direktori PTK. Jika memuat daftar PTK di menu tersebut maka gunakan akun SIAPID (NPSN versi lama) tersebut sebagai akun Admin Sekolah Anda, adapun akun di surat yang lain bisa abaikan.

===========================================================
Pertanyaan 3:

Saya sudah melakukan prosedur sesuai pertanyaan 2 dengan jawaban no. 2b, namun tidak ditemukan daftar PTK di menu Direktori PTK. 

Jawaban:
Dapat dipastikan seluruh PTK pemilik NUPTK versi lama yang bertugas di sekolah Anda saat ini status NPSNnya belum teridentifikasi. Hal ini bisa terjadi pada masa VerVal periode 2011/2012 yang lalu pada pemilik NUPTK tersebut belum termutakhirkan dengan NPSN versi lama. 

Silakan lakukan prosedur Formulir A03 pada pemilik NUPTK tersebut untuk dimutakhirkan status NPSN versi lama melalui Admin Dinas Pendididkan Kab/Kota setempat agar bisa mendapatkan Formulir A01 sebagai syarat proses VerVal NUPTK Level 1 oleh Admin Sekolah Induk masing-masing. Jika sudah dimutakhirkan oleh Admin Dinas maka pemilik NUPTK tersebut otomatis akan muncul di Direktori PTK Sekolah Anda.





1 July 2013

Jadwal Tes Kategori 2 Tahun 2013

Jadwal Tes Kategori 2
Pada tahun 2013 ini untuk para honorer kategori 2 mungkin sudah bersiap-siap untuk menghadapi persaingan lewat tes sesama honor, dan yang ingin mengetahui Jadwal Tes Kategori 2 silakan baca.
Menteri PAN-RB telah menetapakan Jadwal tes k2 tahun 2013 Berikut rencana proses pengangkatan honorer K2 jadi CPNS


Februari 2013
  • Penyampaian listing data tenaga honorer kepada instansi untuk dilakukan pengumuman (uji publik) selama 21 hari melalui media koran lokal dan media online (website BKN) BKN /Kanreg BKN
  • Penyampaian laporan hasil uji publik oleh instansi kepada Men.PAN&RB / BKN
  • Sosialisasi rencana seleksi tenaga honorer K II secara nasional
Maret 2013
  • Penerimaan dan penyelesaian pengaduan dalam masa sanggah setelah uji public
  • Penyusunan dan penetapan kebijakan pengadaan CPNS tahun 2013 oleh MenPAN&RB
  • Penyusunan juknis pengadaan CPNS tahun 2013 oleh BKN
April 2013
  • Penyusunan nominatif  TH Kategori II yang tidak ada masalah
  • Keputusan kepastian jumlah TH Kategori II per instansi oleh BKN
  • Pembuatan formulir pendaftaran dan tanda pengenal peserta ujian oleh instansi
  • Pembuatan buku petunjuk/tata tertib ujian
Juni 2013
  • Pembuatan master soal ujian kompetensi bidang/teknis oleh instansi pembina jabatan fungsional
  • Penyampaian master soal (encrypt) dan formulir LJK ujian kompetensi dasar oleh Konsorsium kepada Panselnas dan disimpan bersama ke brankas BRI disaksikan oleh Karo Humas/Inspektur KemPAN-RB
Juli 2013
  • Penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan ujian kompetensi dasar dan kompetensi bidang oleh Instansi dan Panselnas
  • Penyerahan master soal, formulir LJK ujian kompetensi dasar kepada instansi untuk digandakan dan didistribusikan ke lokasi tes
  • Pelaksanaan ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang
  • Penentuan kelulusan ujian kompetensi dasar sesuai dengan passing grade dan kompetensi bidang dan batas waktu penyampaian berkas
Agustus 2013
  • Penetapan formasi dan penempatan tenaga honorer kategori II per instansi secara nasional berdasarkan pertimbangan Kepala BKN
Desember 2013
  • Proses penetapan NIP TH kategori II

Januari 2014

  • Penetapan SK CPNS oleh instansi
sumber:cpnsid.com