7 November 2013

Soal Latihan Pengembangan Kurikulum Universitas Terbuka (UT)

Kerjakan Latihan berikut
1. Jelaskan pengertian kurikulum menurut pendapat anda sendiri !
2. Jelaskan peranan kurikulum menurut pengalaman anda !
3. Apa fungsi kurikulum bagi anda ?

Jawab
1. Pengertian kurikulum menurut saya adalah secara sederhana  terkandung dua hal pokok yaitu :1. adanya mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa 2. tujuan utamanya yaitu untuk emperoleh ijasah. pengertian ini saya ambil dari istilah kurikulum (curriculum), yang pada awalnya digunakan dalam dunia olahraga, berasal dari kata curir (pelari) dan curere (tempat berlari). dan diartikan sebagai jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari muali dari start sampai finish untuk memperoleh medali atau penghargaan.

2. Kurikulum mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dan untuk menentukan posisi yang sangat sentral dalam menentukan pencapaian tujuan pendidikan.

3. Fungsi kurikulum sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah bagi pihak-pihak yang terkait baik secara langsung ataupun tidak langsung , seperti pihak guru, kepala sekolah, pengawas, orang tua, masyarakat dan pihak siswa itu sendiri.

Terimakasih telah mengunjungi Blog ini silakan tinggalkan komentar, saran dan kritik anda untuk membangun blog ini agar lebih baik lagi.dan jangan lupa LIKE ya...

No comments: