Berita baru untuk NUPTK dan NPSN Tanya Jawab
Program PADAMU NEGERI menggunakan
basisdata NUPTK periode 2006 - 2012 yang menggunakan referensi NPSN versi lama
(DAPODIK.ORG periode 2006 - 2011). Hal ini terjadi karena pada masa VerVal
NUPTK periode 2011/2012 lalu BPSMDPK-PMP melaksanaan pemutakhiran dan pemetaan
NUPTK dengan NPSN versi lama tersebut. Info tentang arsip NPSN versi lama dapat
diakses di http://dapodik.org/arsip-npsn/
Pada pelaksanaan VerVal NUPTK periode 2013 melalui PADAMU NEGERI sangat perlu
tetap menjaga kesinambungan dari hasil VerVal NUPTK periode sebelumnya. Oleh
karena itu mengapa di Surat Aktivasi Akun yang diterima oleh Sekolah
kemungkinan akan terjadi perbedaan antara SIAPID (NPSN versi lama) dengan NPSN
versi baru sebagaimana dipublikasikan di situs http://refsp.data.kemdikbud.go.id/.
Program PADAMU NEGERI juga berfungsi untuk memutakhirkan NUPTK dengan NPSN
versi baru melalui mekanisme validasi yang dilakukan oleh Admin Sekolah secara
langsung mandiri melalui menu Kelola Sekolah > Profil Sekolah. Adapun SIAPID
(NPSN versi lama) akan berlaku sebatas hanya sebagi userID akses ke SIAP PADAMU
NEGERI oleh Admin Sekolah.
Namun demikian pada prakteknya di lapangan masih ditemukan kasus berkenaan
dengan status NPSN tersebut yang kami jelaskan dalam bentuk tanya-jawab sebagai
berikut:
===========================================================
Pertanyaan 1:
NPSN versi baru sekolah kami yang terdaftar di (refsp.data.kemdikbud.go.id)
berbeda dengan SIAPID (NPSN versi lama) yang kami terima dari Admin Pusat
PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD. NPSN mana yang kami gunakan?
Jawaban:
Untuk kebutuhan akses layanan PADAMU NEGERI gunakan SIAPID (NPSN versi lama)
sesuai dengan Surat Aktivasi Akun PADAMU NEGERI. Setelah aktivasi dan login ke
aplikasi SIAP PADAMU NEGERI silakan diperbarui sesuai dengan NPSN versi baru
yang terdaftar di refsp.data.kemdikbud.go.id.
Untuk akses ke layanan PADAMU NEGERI selanjutnya tetap gunakan SIAPID (NPSN
versi lama) tidak menggunakan NPSN versi baru.
===========================================================
Pertanyaan 2:
Kami mendapatkan 2 (dua) Surat Aktivasi Akun Sekolah dengan Nama Sekolah yang
mirip/sama namun SIAPID (NPSN versi lama) yang berbeda. Surat mana yang akan
kami gunakan?
Jawaban:
a. Cara pertama; Coba telusuri daftar PTK pemilik NUPTK yang bertugas di
Sekolah Anda di situs http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu . Jika sudah
ditemukan perhatikan NPSN versi lama pada PTK tersebut sebagai acuan untuk
memilih Surat Aktivasi Akun dengan SIAPID (NPSN versi lama) yang identik dengan
NPSN versi lama pada PTK tersebut.
b. Cara kedua: Coba aktivasi keduanya, login sebagai Admin Sekolah cek di menu Direktori
PTK. Jika memuat daftar PTK di menu tersebut maka gunakan akun SIAPID (NPSN
versi lama) tersebut sebagai akun Admin Sekolah Anda, adapun akun di surat yang
lain bisa abaikan.
===========================================================
Pertanyaan 3:
Saya sudah melakukan prosedur sesuai pertanyaan 2 dengan jawaban no. 2b, namun
tidak ditemukan daftar PTK di menu Direktori PTK.
Jawaban:
Dapat dipastikan seluruh PTK pemilik NUPTK versi lama yang bertugas di sekolah
Anda saat ini status NPSNnya belum teridentifikasi. Hal ini bisa terjadi pada
masa VerVal periode 2011/2012 yang lalu pada pemilik NUPTK tersebut belum
termutakhirkan dengan NPSN versi lama.
Silakan lakukan prosedur Formulir A03 pada pemilik NUPTK tersebut untuk
dimutakhirkan status NPSN versi lama melalui Admin Dinas Pendididkan Kab/Kota
setempat agar bisa mendapatkan Formulir A01 sebagai syarat proses VerVal NUPTK
Level 1 oleh Admin Sekolah Induk masing-masing. Jika sudah dimutakhirkan oleh
Admin Dinas maka pemilik NUPTK tersebut otomatis akan muncul di Direktori PTK
Sekolah Anda.
No comments:
Post a Comment