6 November 2013

TUJUAN PENGEMBANGAN KOMPONEN KURIKULUM PENDIDIKAN

PENGEMBANGAN KOMPONEN KURIKULUM PENDIDIKAN- Pengembangan Kurikulm sangat esensial dalam keselurhan kegiatan pendidikan.Pengembangan Kurikulum pada dasarnya merupakan suatu proses yang berkelanjutan dan merupakan suatu siklus dari beberapa komponen yaitu: Tujuan, bahan, kegiatan dan evaluasi.Ralph W .Tyler (1975).

A. Tujuan Komponen Kurikulum
1. Memberikan pegangan mengenai apa yang harus dilakukan, bagaimana cara melakukan, dan merupakan patokan yang mengetahui hingga mana tujuan yang telah tercapai (Nasution,1987)

2. Tujuan memegang sangat penting peranannya, akan mewarnai komponen lainnya dan akan mengarahkan semua kegiatan mengajar ( Syaodah, 1988).

3. Tujuan Kurikulum yang dirumuskan menggambarkan pula pandangan para penngembang kurikulum mengenai pengetahuan, kemampuan, serta sikap yang ingin dikembangkan ( Hasan, 1990).
Tujuan yang jelas akan memberi petunjuk yang jelas pula terhadap pemilihan isi/bahan ajar, strategi, media pembelajaran dan evaluasi, bahkan dalam berbagai meodel pengembangan kurikulum tujuan ini dianggap sebagai dasar, arah, dan patokan dalam menentukan komponen-komponen yang lainnya.

Di Indonesia tujuan umum pendidikan atau tujuan pendidikan Nasional ditetapkan dalam keputusan Majlis Permusyawaratn Rakyat (MPR), dimuat dalam GBHN dan Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tujuan Pendidikan Nasional adalah tujuan yang ingin dicapai secara Nasional yang dilandasi oleh falsapah suatu negara. sifatnya komperhensif, utuh dan menjadi induk bagi tujuan -tujuan yang ada di bawahnya.

B. Komponen Isi atau Materi 
Komponen kedua setelah tujuan yaitu isi atau materi kurikulum.

Menurut Zais(1976) menentukan empat kriteria dalam melakukan pemilihan isi/materi kurikulm yaitu;
1. Isi kurikulum memiliki tingkat kebermaknaan yang tinggi ( significance)
2. Isi kurikulum bernilai guna bagi kehidupan ( utility)
3. Isi kurikulum sesuai dengan minat siswa ( interset)
4. Isi kurikulm harus sesuai dengan perkembangan individu (human development)

Terimakasih telah mengunjungi Blog ini silakan tinggalkan komentar, saran dan kritik anda untuk membangun blog ini agar lebih baik lagi.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...