29 October 2013

Pengertian Kurikulum Secara Sederhana dan Luas

Pengertian Kurikulum Secara Sederhana dan Luas- Dalam pengertian sederhana kurikulum dianggap sebagai sejumlah mata pelajaran (subject) yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program pelajaran ditempuh untuk memperoleh ijasah, sedangkan pengertian lebih luas adalah kurikulum mencangkup semua pengalaman belajar (learning experiences) yang dialami siswa dan mempengaruhi perkembangan pribadinya.
Kurikulum memiliki peranan yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan. ada 3 peranan yang sangat penting yaitu :
1. peranan konservatif yaitu menekankan bahwa kurikulum itu dapat dijadikan sebagai sarana untuk mentransmisikan nilai-nilai warisan budaya masa lalu yang dianggap masih relevan dengan masa kini kepada generasi muda  dalam hal ini adalah siswa.
2. peranan kritis atau evaluatif yaitu adanya kenyataan bahwa nilai-nilai dan budaya yang hidup dalam masyarakat senantiasa mengalami perubahan sehingga pewarisan nilai-nilai dan budaya masa lalu kepada siswa perlu disesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada masa sekarang dan masa mendatang.
3. peranan kreatif yaitu perkembangan ilmu pengetahuan dan aspek-aspek lainnya senantiasa terjadi setiap saat.
 Terimakasih telah mengunjungi Blog ini silakan tinggalkan komentar, saran dan kritik anda untuk membangun blog ini agar lebih baik lagi.

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...