8 December 2013

Cara Mudah Mengembalikan Data Rusak/Hilang pada Aplikasi Dapodik

Cara Mudah Mengembalikan Data  Rusak/Hilang pada Aplikasi Dapodik-Ketemu lagi kita dalam pembahasan Dapodik pada post sebelumnya saya telah share Cara Download Prefill Dapodik  dan Cara Backup data dapodik.Pada kali ini saya ingin berbagi pengalaman Cara Mudah Mengembalikan Data  Rusak/Hilang pada Aplikasi Dapodik.

Bila pekerjaan yang kita lakukan sudah mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran bahkan uang dan pekerjaan kita selesai tepat pada waktunya pasti kita merasa puas, namun apa jadinya jika sebaliknya hhhmm pasti perasaan kita campur aduk dari mulai jengkel, pusing, stress dan sebagainya. salah satunya ya pekerjaan bagi para operator sekolah dalam melakukan input data dari pagi sampe siang bahkan ngelambur sampe subuh dengan penghasilan ya begitulah kita sama-sama tahu.

Masalah yang sering muncul dari penginstalan aplikasi patch 204 ini macam-macam dari mulai jumlah PTK, PD, tanggal lahir yang hilang, bahkan hilang semua datanya (balnk) dan lain-ain.Tapi tenang kita kali ni akan menacari Cara Mudah Mengembalikan Data  Rusak Aplikasi Dapodik, seperti pada judulnya memang mengembalikan data yang rusak atau hilang pada aplikasi dapodik 2013 ini memang sangat mudah sekali.Kendala yang sering kali muncul biasanya akibat dari pemutakhiran dari aplikasi yang ditelah expired atau usang dari pacth 203 ke 204 benar tidak?? kalau memang benar sama seperti yang saya alami, namun setelah saya pikirkan dan tanya sana sini akhirnya ku temukan juga solusinya. 

Ok langsung saja ikuti langkah-langkahnya yaitu langkah yang pertama kiat stop aplikasinya dengan membuka ==>componen service data dari data aplikasi dapodik, klik compoen service ( cara menstop aplikasi dapodik) klik stop dan tutup. langkah kedua  ==> buka atau copy data yang telah kita back up sebelumnya dari data D atau dari plashdisc dan vastekan pada file data C  =>Program file =>buka dapodikdas dan Klik vaste data yang telah dibackup, tutup kembali dan kita kembali buka service data untuk memulai kembali dengan mengklik star. langkah yang terkahir buka aplikasi dapodik tapi sebelumnya direfres dulu browser yang akan kita gunakan agar data yang sebelumnya bersih.selesai

Bila masih pusing ikuti cara yang paling mudah di bawah ini :
==> Siapkan data yang sudah dibackup sebelumnya
==> Stop aplikasi Dapodik pada componen servis
==> Buka program file data c 
==> Buka folder data dapodikdas
==> Vaste data yang telah dibackup (dataweb dan database)
==> Tutup dan buka lagi componen servise klik dapodik klik star.

Terimakasih telah mengunjungi Blog ini semoga bermanfaat dan silakan tinggalkan komentar, saran dan kritik anda untuk membangun blog ini agar lebih baik lagi.dan jangan lupa LIKE ya...

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...